Kumpulan atas
definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu.
Sebagai contoh 'class of dog' adalah suatu unit yang terdiri atas
definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam
perilaku/turunan dari anjing. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan
struktur dalam pemrograman berorientasi object. Sebuah class secara
tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait
dengan domain permasalahan yang ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah
class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode
tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP). Dengan modularitas, struktur
dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan
diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan
pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.
Membungkus data dan fungsi bersama
menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer; objek merupakan
dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.
Kemampuan sebuah program untuk melewati
aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada
inti. Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari "pelaku"
abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan perubahan keadaannya, dan
berkomunikasi dengan objek lainnya dalam sistem, tanpa mengungkapkan bagaimana
kelebihan ini diterapkan. Proses, fungsi atau metode dapat juga dibuat abstrak,
dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan sebuah pengabstrakan.
Memastikan pengguna sebuah objek tidak
dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak;
hanya metode dalam objek tersebut yang diberi izin untuk mengakses keadaannya.
Setiap objek mengakses interface yang menyebutkan bagaimana objek lainnya dapat
berinteraksi dengannya. Objek lainnya tidak akan mengetahui dan tergantung
kepada representasi dalam objek tersebut.
Melalui pengiriman
pesan. Tidak bergantung kepada pemanggilan subrutin, bahasa orientasi objek
dapat mengirim pesan; metode tertentu yang berhubungan dengan sebuah pengiriman
pesan tergantung kepada objek tertentu di mana pesa tersebut dikirim.
Contohnya, bila sebuah burung menerima pesan "gerak cepat", dia akan
menggerakan sayapnya dan terbang. Bila seekor singa menerima pesan yang sama,
dia akan menggerakkan kakinya dan berlari. Keduanya menjawab sebuah pesan yang
sama, namun yang sesuai dengan kemampuan hewan tersebut. Ini disebut
polimorfisme karena sebuah variabel tungal dalam program dapat memegang berbagai
jenis objek yang berbeda selagi program berjalan, dan teks program yang sama
dapat memanggil beberapa metode yang berbeda di saat yang berbeda dalam
pemanggilan yang sama. Hal ini berlawanan dengan bahasa
fungsional yang mencapai polimorfisme melalui
penggunaan fungsi kelas-pertama.
Inheritance adalah konsep penting dalam pemrograman
berorientasi objek. Bila diterjemahkan secara harafiah, artinya adalah
Pewarisan.
Istilah Inheritance akan lebih sering digunakan karena istilah ini sudah
dikenal luas dalam dunia pemrograman internasional. Fungsi utama inheritance
adalah untuk membuat Class baru dari class yang sudah ada.
Inheritance menjadikan suatu class menjadi lebih reusable dalam arti lebih
berguna karena dapat digunakan untuk menghasilkan class-class lain yang lebih
spesifik.
Apabila ada suatu class mewarisi class lain maka dalam definisi class harus
ditambakan extends.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar